Pengertian Situs Web (Website) dan Sejarah Perkembangannya

Di era penyebaran informasi melalu media digital yang tersentral dan dapat diakses kapan saja dan dimana saja, Kita menyadari bahwa situs web (website) memegang andil yang teramat besar dalam hal ini.

Bagaimana tidak, rata-rata orang mungkin mengunjungi situs web dalam jumlah yang cukup banyak setiap hari.

Beragam kepentingan. Mulai dari sekedar mencari informasi yang dibutuhkan, berita terkini hingga hiburan sehari-hari.

Pengertian Situs Web (Website) dan Sejarah Perkembangannya

Tidak serta merta tanpa alasan, keberadaan website tidak terlepas dari beragam faktor dibelakangannya, sejarahnya dan beragam teknologi yang mendukung adanya website yang efisien seperti yang kita ketahui saat ini.

Setelah sebelumnya saya menulis tentang pengertian domain name system, maka Saya pikir berikutnya adalah penjelasan tentang pengertian dari peruntukkan umum domain itu sendiri. Yaitu, website.

Sejarah Perkembangan Website

Secara historis, website pertama kali ditemukan dan diperkenalkan oleh seorang ahli teknologi bernama Timothy John “Tim” Berners-Lee yang berasal dari Britania. Ia mengusulkan sebuah ide yaitu proyek yang memiliki konsep hypetext. Dari project yang Ia jalani itu, dengan dibantu oleh Robert Cailliau, Ia berhasil menciptakan prototipe yang diberi nama dengan Enquire.

Selang beberapa waktu berlalu, Ia kemudian mendesain dan membangun peramban online pertama yang diberi nama WorldWideWeb beserta server pertama yang diberi nama httpd.

Dari project yang Ia kerjakan, Ia berhasil menciptakan situs web pertama yang pernah ada. Kamu bisa mengunjunginya dengan membuka alamat http://info.cern.ch/

Meskipun namanya tidak sering terdengar, Kita harus mengakui bahwa temuannya sangat berarti besar dan telah membawa Kita pada era modern dengan segala kecanggihannya seperti saat ini.

Pengertian Website

Website (situs web) adalah sebuah situs di jaringan online yang dapat diakses darimana saja dan kapan saja. Sebagian besar situs web membuka akses untuk dapat dikunjungi oleh siapa saja, namun beberapa website mungkin juga membatasi beberapa pengguna berdasarkan IP suatu negara.

Sebuah situs web biasanya ditempatkan pada server yang sama dan saling terhubung antara halaman satu dan yang lainnya melalui tipe teks yang kita kenal dengan link (html -> anchor)

Selain dapat diakses secara nasional dan internasional, ada juga situs web yang bersifat lokal. Yang hanya bisa diakses oleh pengguna-pengguna yang berada di jaringan yang sama. Entah itu menggunakan jaringan wireless maupun LAN.

Situs web dalam jaringan lokal, biasanya diakses menggunakan IP Address, sedangkan situs web yang terhubung ke jaringan Internasional umumnya menggunakan teknologi yang bernama DNS (Domain Name System).

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *